PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 17/08/16 – Surplus perdagangan zona Eropa yang disesuaikan meningkat menjadi EUR29.2 juta untuk Juni dari EUR25.5 juta pada bulan Juni 2015. Untuk semester pertama 2016, ada peningkatan surplus untuk EUR134.5 juta dari EUR111.4 juta sebelumnya.

Dalam hal musiman disesuaikan, surplus sedikit lebih tinggi dari yang diharapkan pada EUR23.4 juta, meskipun lebih rendah dari EUR24.6 juta terlihat untuk Mei.

Ekspor turun 2,0% untuk Juni, membalikkan keuntungan terlihat untuk Mei, sementara ada penurunan dari 1% untuk enam bulan pertama 2016. Impor turun tajam sebesar 5,0% untuk bulan Juni dan jatuh 3% untuk enam bulan pertama tahun ini , mempertahankan nada lemah yang mendasari.

Ekspor Jerman meningkat sedikit selama setahun, sedangkan ekspor Italia tidak berubah dan pengiriman Prancis turun 1% dibandingkan periode yang sama. Ada juga penurunan ekspor Belgia dan Belanda untuk semester pertama tahun ini, yang akan mempertahankan kekhawatiran seputar prospek perdagangan secara keseluruhan. Juga tidak ada pertumbuhan dalam perdagangan intra-zona euro untuk semester pertama tahun ini.

Keseluruhan tingkat impor masih lemah dan akan ada kekhawatiran atas kelemahan struktural dalam permintaan. Euro lemah dalam hal global, yang akan melemahkan impor, tetapi juga akan ada kekhawatiran lebih lanjut seputar kelemahan struktural. Volume perdagangan dengan Inggris akan diawasi ketat selama paruh kedua 2016.