PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 29/08/16 – indonesia dinilai perlu belajar dari Brasil dalam pengembangan sektor pertanian. Sebagai negara agraris, perekonomian Brasil saat ini banyak ditopang dari sektor tersebut.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo ‎menjelaskan, sebagai negara dengan sumber daya alam (SDA) yang melimpah, Indonesia punya potensi besar untuk menjadi negara agraris terbesar di dunia.

“Untuk membicarakan kemandirian pangan Indonesia. Apakah Indonesia bisa menjadi penghasil pangan dunia? Iya. Karena kita dengan lahan terbesar di dunia kedua setelah Brasil,” ‎ujar dia di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Dia menjelaskan, dengan potensi yang besar ini, Indonesia harusnya bisa seperti Brasil yang mampu menjadi negara ekonomi terbesar ke-5 dunia berkat sokongan sektor pertanian.

“Brazil bisa menjadi negara yang perekonomian kuat nomor 5 di dunia karena bisa memanfaatkan lahan pertanian. Brasil kalau dulu ada inflasi 1.000 persen sekarang maju karena pertanian. Hal ini juga perlu ditiru,” kata dia.

Menurut Eko, potensi Indonesia ini juga semakin besar jika bisa memanfaatkan sektor perikanan. Karena sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang ke-2 di dunia.

‎”Dan lebih dari itu, Indonesia juga mempunyai garis pantai terbesar nomor 2 terpanjang setelah Kanada. Banyak yang bisa dikembangkan. Insya Allah kalau dikeroyok sama-sama bakal diperhitungkan di dunia. Sekarang Indonesia sudah jadi nomor 16 di dunia