KPF BALI 17/05/16 – Saham Jepang naik menyusul melemahnya lemah yen mengangkat saham eksportir untuk berada di posisi yang lebih tinggi, sementara reli minyak ke level enam bulan tertinggi mengantarkan saham energi berada di wilayah positif.

Indeks Topix naik 0,7 persen ke level 1,330.32 pada pukul 09:02 siang waktu Tokyo, dipimpin oleh pembuat alat listrik. Nikkei 225 Stock Average bertambah 0,9 persen ke level 16,615.03. Yen diperdagangkan di level 109,07 per dolar, mendekati level terlemah pada bulan Mei. Minyak rally menyusul prediksi Goldman Sachs Group Inc yang mengatakan bahwa surplus stok global mereda di tengah gangguan pasokan dan permintaan yang lebih tinggi.

Jepang akan merilis data awal pada PDB kuartal pertama pada hari Rabu sebelum pasar dibuka, dengan ekonom mengharapkan 0,3 persen ekspansi tahunan, terhindar dari resesi. Di AS, The Fed akan merilis menit dari pertemuan terakhir kebijakan moneter pada hari Rabu.

Kontrak pada S & P 500 tergelincir kurang dari 0,1 persen setelah indeks dasar ini rally 1 persen hari Senin. Sementara minyak mentah berjangka mempertahankan keuntungan pada hari Selasa, diperdagangkan di level $ 47,86 per barel. (sdm)

Sumber: Bloomberg