KPF BALI 16/05/16 – Saham-saham Hong Kong rebound dari level terendah dalam dua bulan pada spekulasi pemimpin negara China Zhang Dejiang akan memberikan kejelasan mengenai tanggal dimulainya hubungan pertukaran perdagangan dengan Shenzhen saat ia mengunjungi kota minggu ini.

Hang Seng Index naik 1 persen setelah jatuh dalam tiga minggu terakhir, sementara indeks dari saham Cina di kota menuju kenaikan terbesar mereka dalam hampir sebulan. Citic Securities Co naik untuk pertama kalinya dalam 13 hari. Chief Executive Kota Leung Chun-Ying mengatakan pekan lalu bahwa ia berharap pemerintah China akan mengumumkan awal hubungan yang tertunda sesegera mungkin. Shanghai Composite Index berfluktuasi mendekati level terendah dua bulan setelah data mengisyaratkan pendalaman perlambatan di negeri tirai bamboo itu.

Indeks Hang Seng diperdagangkan pada level 19,917.83 di pukul 13:03 waktu setempat, setelah turun tiga hari sehingga mengirim kekuatan relatif indeks berada di level rendah 32 pada hari Jumat, dekat tingkat 30 yang menandakan kondisi oversold. Indeks yang disebut Indeks H-shares naik 0,6 persen pada hari Senin, sementara Shenzhen Composite Index bertambah 0,8 persen. The Shanghai Composite menghentikan penurunan terpanjang mingguan beruntun dalam dua tahun, menguat 0,2 persen.

Broker memimpin rebound di Hong Kong, dengan Citic Securities memperoleh 3,7 persen setelah terjun 19 persen sejak 13 April. GF Securities Co, Huatai Securities dan Haitong Securities Co menjadi empat gainers terbesar dalam indeks H-shares dengan kenaikan setidaknya 2,6 persen. (sdm)

Sumber: Bloomberg