KPF BALI 17/05/16 – Saham Eropa naik untuk hari ketiga, dipimpin oleh keuntungan di produsen komoditas.

Anglo American Plc dan BHP Billiton Ltd menguat 1,5 persen atau lebih, mengikuti harga logam yang berada di level yang lebih tinggi. Iliad SA bermabah 1,5 persen setelah perusahaan ponsel murah ini melaporkan peningkatan penjualan untuk kuartal pertama.

Stoxx Europe 600 Index berada 0,8 persen lebih tinggi pada pukul 08:05 pagi waktu London. DAX Indeks Jerman menguat 0,8 persen dan Swiss Market Index bertambah 0,2 persen setelah kembali dibukanya pasar regional setelah hari libur publik kemarin.

Saham Eropa bersiap untuk meraih kenaikan beruntun terpanjang mereka dalam dua minggu, setelah kehilangan tenaga sejak level puncaknya pada 20 April lalu. Stoxx 600 meraih reli 16 persen dari level rendah bulan Februari, sebelum kemudian keuntungan terurai terkait kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan global dan kebijakan bank sentral muncul kembali di tengah bervariasinya laporan laba. Indeks masih berada 19 persen di bawah rekor tahun lalu.

Di antara saham lainnya yang aktif di berita perusahaan, Taylor Wimpey Plc melonjak 4 persen setelah homebuilder Inggris menyatakan rencananya untuk membayar dividen khusus pada bulan Juli tahun 2017 dan meningkatkan pembayaran reguler. (sdm)

Sumber: Bloomberg