KPF BALI 16/05/16 – Saham Eropa berada di level yang lebih rendah dalam penurunan berbasis luas, dengan pasar Jerman dan Swiss berada di antara pasar yang ditutup untuk hari libur umum.

Stoxx Europe 600 Index kehilangan 0,5 persen pada pukul 08:17 pagi waktu London, jatuh untuk ketiga kalinya dalam empat hari. Produsen komoditas satu-satunya saham yang meraih kenaikan di antara 19 kelompok industri yang ada di indeks tersebut di tengah rebound dalam bahan baku.

Sementara itu, saham Eropa naik pekan lalu untuk pertama kalinya dalam tiga pekan belakangan, indeks ini gagal untuk meraih kenaikan sejak 20 April, setelah Stoxx 600 melancarkan reli hampir 16 persen dari level rendah bulan Februari, menyusul kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi global yang kembali muncul, bersamaan dengan bervariasinya laporan laba perusahaan. Stoxx 600 ditutup 4,6 persen di bawah level tinggi April pada Jumat lalu.

Di antara saham yang bergerak pada berita perusahaan, Hennes & Mauritz AB turun 1,5 persen seiring penjualan April mereka yang naik kurang perkiraan analis. Telecom Italia SpA bertambah 4,7 persen setelah hampir tiga kali melipattigakan target mereka untuk mengurangi beban sebesar 1,6 miliar euro ($ 1.8 miliar) pada tahun 2018. Konecranes Oyj melonjak 20 persen setelah pembuat konstruksi-mesin Finlandia ini setuju untuk mengakuisisi bisnis Terex Corp, meninggalkan ide untuk melakukan full merger. (sdm)

Sumber: Bloomberg