PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 22/07/16 – Pasar saham Eropa dibuka lebih rendah pada hari Jumat, dengan pasar mencerna keputusan Bank Sentral Eropa untuk menetapkan kebijakan moneter tidak berubah dan investor memantau rangkaian data manufaktur dan aktivitas sektor jasa dari negara-negara Eropa.

Selama awal perdagangan Eropa, EURO STOXX 50 tergelincir 0,27%, CAC 40 Perancis turun tipis 0,12%, sementara DAX 30 Jerman turun 0,28%.

Sentimen pasar membaik sesaat setelah Presiden ECB Mario Draghi mengatakan pada hari Kamis bahwa pasar Eropa rapuh terhadap volatilitas pasca-Brexit dengan “dorongan ketahanan”, tetapi menegaskan bahwa bank sentral siap untuk bertindak dengan menggunakan semua instrumen yang tersedia di bawah mandatnya jika diperlukan.

Draghi juga mengatakan pemulihan zona euro menghadapi beberapa gejolak, dan risiko tetap bergerak ke sisi negatifnya, mengutip referendum Inggris Raya, perlambatan pasar negara berkembang dan lambatnya reformasi struktural sebagai ancaman utama.

Komentar itu muncul setelah bank sentral mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah pada rekor terendah 0,0% dalam tindakan yang diharapkan.

Di London, FTSE 100 tergelincir 0,22%, terbebani oleh kerugian di sektor pertambangan.

Di AS, pasar ekuitas bergerak mantap menuju arah yang lebih tinggi saat akan dibuka.

Dow Jones Industrial Average berjangka raih keuntungan 0,10%, S&P 500 berjangka naik 0,08%, sedangkan Nasdaq 100 berjangka terdorong naik 0,07%.