PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 24/06/16 - Saham Asia Menuju Penurunan Terburuknya Sejak Agustus Terkait Brexit, Bursa saham Asia menuju kemerosotan tajam dalam 10 bulan terakhir karena warga Inggris memmilih untuk meninggalkan Uni Eropa yang mengejutkan para investor, sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa Eropa dapat merusak pertumbuhan global.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 4,1% menjadi 124,69 pada 16:03 sore di Hong Kong. Topix Jepang anjlok sejak 2011 dan Indeks berjangka S&P 500 merosot 3,3%. Ingggris yang keluar dari Uni Eropa setelah lebih dari empat dekade dalam penurunan tatanan politik dan ekonomi pasca perang benua, mendorong Perdana Menteri David Cameron mengundurkan diri serta menekan pasar di seluruh dunia.

Indeks Hang Seng turun 2,9%, memangkas penurunan sebanyak 5,8%. HSBC Holdings Plc, yang mendapat sepertiga dari pendapatan dari Eropa dan memiliki bobot terbesar kedua di indeks saham Hong Kong, turun 6,6%. Kospi Korea Selatan anjlok sejak Mei 2012 dan Indeks S & P/ASX 200 Australia turun 3,2%. Volume perdagangan Jumat setidaknya 63% di atas rata-rata di Jepang, Hong Kong dan Australia.(Tra)

Sumber: Bloomberg KONTAK PERKASA FUTURES BALI