PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 08/08/16 – Kurs rupiah yang retreat secara mingguan pekan lalu kembali alami tekanan kuat dari dollar AS imbas penguatan dollar AS cukup tinggi terhadap rival utamanya akhir pekan lalu sehingga membuat BI ikut melemahkan kurs acuannya. Rupiah masih bergerak negatif meskioun kini dollar AS sedang alami retreat teknikal.

Berkurangnya kekuatan rupiah pagi ini tidak mengurangi semangat investor asing kembali setor modalnya cukup besar  ke bursa saham. Beberapa saat setelah pasar saham dibuka net buy investor asing sudah mencapai Rp219 miliar lebih dan dipastikan masih akan bertambah hingga akhir perdagangan.  Aksi  investor asing ini  berhasil tinggikan  IHSG, dengan kenaikan hingga 0,6% menuju kisaran  5500.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,11% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13131/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13154/US$.  Demikian  untuk  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  melemah  ke  13144  dari  posisi 13125 perdagangan hari Kamis (4/08).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi melemah hingga akhir perdagangan  oleh masih menariknya dollar AS dan rival utamnaya, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13170 resistance  13111.