KPF BALI 17/06/16 – Rupiah Jumat Pagi Bangkit Kembali Lawan Dollar AS, Memantau pergerakan kurs rupiah pada perdagangan pasar spot valas dan juga antar bank akhir pekan,  rupiah Jumat (17/06)  terus  bergerak positif setelah diawal perdagangan dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya. Buruknya fundamental dollar AS membuat kurs kawasan Asia pagi ini alami penguatan.

Lihat: Analisa Fundamental Dollar AS Akhir Pekan Yang Rawan

Kekuatan rupiah pagi ini  berhasil meyakinkan investor asing semangat kembali melakukan aksi beli yang cukup besar di bursa saham, sehingga telah terbentuk net buy Rp80 miliar lebih. Aksi asing ini masih belum mampu mendongkrak IHSG yang sedang bergerak turun ke area negatif dan sebelum berita ini disampaikan masih flat di  posisi 4815.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,14% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13356/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13358/US$.  Namun untuk  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  melemah ke  13358  dari  posisi 13327 perdagangan hari Kamis (16/06).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat hingga akhir perdagangan  oleh proyeksi pelemahan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13369  resistance  13331.