Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa Ramadan – PT Kontak Perkasa

PT KONTAK PERKASA BALI – Berpuasa selama lebih dari 10 jam memang dapat membuat tubuh mudah terkena dehidrasi. Selain itu, berpuasa dalam jangka waktu yang lama juga membuat metabolisme tubuh berubah.

Saat berpuasa, tubuh memang tidak mendapat asupan makanan dan minuman kecuali saat berbuka dan sahur. Tidak heran jika kulit akan menjadi cepat kering, terutama pada area bibir.

Masalah bibir yang sering terjadi akibat dari dehidrasi adalah bibir pecah-pecah dan terluka. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut saat berpuasa, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut yang dikutip dari Cheers.

1. Gunakan Lip Scrub

Kamu harus mengelupas kulit mati pada area bibir menggunakan scrub khusus untuk bibir. Tidak harus setiap hari, kamu bisa melakukannya setidaknya satu kali dalam seminggu.

Jika kamu tidak memiliki scrub, kamu bisa menggunakan sikat gigi sebagai salah satu alternatifnya. Caranya adalah dengan membasahi bibir menggunakan air hangat dan gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut.

Lakukan secara perlahan agar tidak melukai bibir. Akan lebih baik, jika kamu menggunakan produk pengelupasan untuk bibir, biasanya berbentuk seperti lip balm.

Kulit mati dan kulit kering akan lebih mudah mengelupas menggunakan cara tersebut, sehingga akan membentuk kulit baru yang sehat di bagian bibir.

2. Menggunakan Lip Balm

Untuk menghindari bibir kering, kamu bisa menggunakan lip balm. Pilih pelembap bibir yang mengandung minyak alami dan SPF. Kandungan SPF ini dapat mengurangi proses terjadinya bibir kering.

3. Kurangi Makanan Pedas Dan Asin

Saat sahur dan berbuka puasa, kamu harus mengurangi konsumsi makanan pedas dan asin. Makanan yang terlalu pedas dan asin akan membuatmu cepat haus. Dampaknya, mulut dan bibirmu akan cepat menjadi kering.

4. Hindari Membasahi Bibir Dengan Air Liur

Membasahi bibir menggunakan air liur dapat membuat bibirmu menjadi cepat kering. Awalnya mungkin akan terlihat segar dan basah. Namun, setelah beberapa menit bibirmu akan menjadi lebih kering dari sebelumnya.

5. Mengonsumsi Madu

Madu adalah cara alami untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Selain memakan madu, kamu juga bisa mengoleskan madu pada bibir. Kamu bisa mengoleskannya sebelum tidur, dan basuh olesan tersebut saat kamu selesai sahur.

6. Meminum Air

Asupan cairan dalam tubuh harus selalu terpenuhi, terutama saat berpuasa. Penuhi asupan cairan di dalam tubuhmu dengan meminum banyak air saat berbuka puasa dan sahur.

Dengan meminum banyak air, kamu juga bisa menghindarkan tubuhmu dari dehidrasi dan menahan rasa lapar dengan lebih lama – PT KONTAK PERKASA

Sumber : liputan6/citizen6