PT KONTAKPERKASA FUTURES BALI 06/04/2020 – Seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hal tersebut ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas mengenai laporan Tim Gugus Tugas COVID-19 melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Semua yang keluar rumah harus pakai masker,” tegas Jokowi, seperti dikutip Selasa (7/4/2020).

Baca juga :

PT KP PRESS || Usai Positif Corona, Pangeran Charles Tak Lagi Diisolasi

WHO sendiri sebelumnya menganjurkan bahwa masker hanya digunakan untuk orang sakit. Namun, kini organisasi kesehatan tersebut menganjurkan agar seluruh masyarakat dunia memakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Karena di awal WHO menyampaikan yang pakai masker dulu hanya yang sakit,” kata Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu lantas meminta jajarannya untuk mempersiapkan ketersediaan masker untuk masyarakat di Indonesia. Hal ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan permintaan masker.

“Saya minta penyiapan masker ini sekarang betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat, karena kita ingin agar setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker,” kata Jokowi.

Adapun kebijakan Jokowi untuk menggunakan masker saat keluar rumah mulai diterapkan ketika juru bicara bicara pemerintah untuk penanganan wabah corona, Achmad Yurianto saat konferensi pers akhir pekan kemarin.

Salah satu kriteria untuk masker yang digunakan adalah yang bersifat water resistant. Juru bicara penanganan COVID-19 tidak menganjurkan penggunaan masker bedah dan N95 untuk orang-orang karena hanya diperuntukkan untuk tim medis.

“Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar,” ujar Yuri.