PT KONTAKPERKASA FUTURES BALI 20/05/2020 – China mengecam Australia dan Amerika Serikat atas apa yang disebutnya manipulasi politik pandemi Covid-19.

Australia paling kencang menyerukan penyelidikan independen terhadap asal mula pandemi virus corona dan respons terhadap pandemi itu. Sedangkan Presiden Amerika Donald Trump menyalahkan China atas terjadinya pandemi global.

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne memuji “Resolusi Kesehatan Dunia” yang disahkan pada Selasa (19/5). Resolusi itu menuntut œevaluasi komprehensif independen pada respons global organisasi itu terhadap pandemi virus corona. Resolusi tersebut diajukan ke Majelis Kesehatan Dunia oleh Uni Eropa dan negara-negara anggota WHO lainnya.

Payne menggambarkannya sebagai œkemenangan bagi komunitas internasional.

Baca juga:

PT KONTAK PERKASA || Tembus Pola Triangle, Harga Emas Ngegas ke US$ 1.800/oz

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan pada Selasa (19/5) bahwa China akan menyambut baik penyelidikan jika Australia kembali ke konsensus luas masyarakat internasional. Dia mengatakan Beijing selalu mendukung evaluasi komprehensif pandemi asalkan itu dipimpin oleh WHO dan dilakukan secara profesional dan tidak memihak.

BACA JUGA :

KONTAK PERKASA || Dolar AS Perkasa, Harga Emas Melorot & Susah Move On

Namun Presiden Amerika Donald Trump mengatakan bahwa WHO tidak netral. Dia menuduh badan internasional itu melindungi China yang dituduhnya sebagai penyebab krisis kesehatan global. Pada Selasa (19/5), Trump mengancam akan secara permanen menghentikan dana dari Amerika untuk WHO, yang telah dibekukannya.

Sumber : VOA