PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 14/12/2018 – Produksi industri November Cina naik 5,4 persen dari tahun sebelumnya dan penjualan ritel meningkat 8,1 persen, diluar yang diperkirakan, sementara investasi aset tetap naik sedikit lebih dari yang diharapkan dalam 11 bulan pertama, data resmi menunjukkan pada hari Jumat.

Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pertumbuhan output industri akan tetap stabil di 5,9 persen seperti pada Oktober, data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional menunjukkan.

Penjualan ritel diperkirakan telah meningkat 8,8 persen pada November, sedikit lebih cepat dari 8,6 persen pada Oktober.

Pada Januari-November, investasi aset tetap tumbuh 5,9 persen, dibandingkan dengan ekspektasi untuk peningkatan 5,8 persen, dan lebih cepat dari 5,7 persen pada Januari-Oktober.

Investasi aset tetap sektor swasta naik 8,7 persen pada Januari-November, dibandingkan dengan peningkatan 8,8 persen dalam 10 bulan pertama.

Kontak Perkasa Futures

Investasi swasta menyumbang sekitar 60 persen dari keseluruhan investasi di Cina.

Dengan tugas perdagangan AS yang mengancam untuk meningkatkan tekanan pada ekonomi Tiongkok yang sudah melambat, Beijing telah meluncurkan serangkaian langkah peningkatan pertumbuhan dari peningkatan belanja infrastruktur untuk memotong pajak dan biaya.

Tetapi analis memprediksi ekonomi terbesar kedua di dunia, tertatih-tatih oleh banyak faktor dari utang rumah tangga yang tinggi untuk mendinginkan pertumbuhan kredit ke pasar properti yang melemah, akan melambat lebih jauh selama tahun depan.(arl)

Sumber: Reuters