PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 27/07/16 – Pesona Pokemon-Go agaknya mulai meredup. Saham Nintendo tercatat terjun 5,000 poin atau sekitar 18 persen dari penutupan Jumat (22/7/2016) pada pembukaan perdagangan di bursa saham Tokyo, Senin pagi (25/7/2016).

Saat ini posisi saham Nintendo berada di level 23,220 dari sebelumnya 28,220. Terkikisnya saham Nintendo sekaligus menggerus nilai kapitalisasi pasarnya sebesar USD6,4 miliar atau sekitar Rp84 triliun.

Saham Nintendo pun mendapat peringatan untuk tidak jatuh lebih dalam lagi sesuai dengan aturan maksimal pergerakan saham harian di Bursa Saham Tokyo, Jepang.

Koreksi nilai saham ini terjadi setelah Pokemon Go berhasil melipatgandakan nilai saham Nintendo sejak pertama kali dirilis, dan menambah sekitar USD17,6 miliar pada nilai kapitalisasi pasarnya.

Namun, seperti yang diprediksi oleh analis dari Macquarie Securities, David Gibson dalam Bloomberg.com, Nintendo, selaku pemegang 32 persen saham pengembang Pokemon Go, yakni Niantic Inc dan Pokemon Co, hanya akan memperoleh keuntungan ekonomi sebesar 13 persen dari aplikasi tersebut,

Setelahnya, saham Nintendo akan kembali ke posisi sebenarnya–menjelaskan apa yang terjadi pada pembukaan perdagangan Senin pagi ini– dan efek Pokemon Go tidak akan bisa lebih besar dari itu lagi.

“Dampak finansial Pokemon-Go akan terbatas dan tidak akan merevisi estimasi pendapatan Nintendo berdasarkan situasi terkininya. Apalagi keuntungan dari Pokemon Go Plus, aksesoris tambahan untuk permainan ini, telah dihitung dalam estimasi profit sebelumnya,” sebut sebuah pernyataan yang dirilis Nintendo di Jepang, Jumat akhir pekan kemarin.

Nintendo dijadwalkan akan merilis laporan keuangan kuartal I-2016 pada Rabu (27/7/2016). Perusahaan berbasis di Kyoto itu mengestimasikan keuntungan bersih sebesar 35 miliar Yen (USD330 juta) untuk tahun fiskal berjalan, naik sekitar 16,5 miliar Yen pada periode yang sama di tahun lalu.

Selain Nintendo, beberapa saham perusahaan penyokong Pokemon Go lainnya juga anjlok. McDonald’s Holdings Co. (Jepang), selaku mitra resmi pertama Pokemon Go, jatuh 6 persen ke posisi 3,410 dari sebelumnya 3,620.

Sebelumnya diumumkan, lebih dari 3.000 gerai McDonald’s di seluruh Jepang akan menjadi lokasi tempat ditemukannya Pokemon bagi para penggemarnya. Saat itu, saham McDonald’s Jepang langsung menguat 23 persen ke posisi puncaknya sejak akhir 2001.

Pembuat perangkat elektronik Pokemon Go Plus, Hosiden Corp. (anak perusahaan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc.) juga anjlok 10 persen pada pembukaan perdagangan pagi ini.

Selain pengumuman laporan keuangannya pada Rabu besok, fokus Pokemon Go selanjutnya adalah rencana perilisannya di Tiongkok, negara yang akses data geografisnya sangat dibatasi oleh pemerintahnya.

Para investor juga tengah menantikan pengumuman permainan mobile Nintendo selanjutnya dan juga konsol yang direncanakan akan diluncurkan di tahun depan. Permainan Pokemon Go kini telah tersedia di 36 negara, yang kebanyakannya adalah negara-negara Eropa.