KONTAK PERKASA FUTURES – PT Aneka Tambang adalah perusahaan yang mencetak emas batangan dan koin dinar untuk investasi emas di Indonesia. Kini, tren membeli emas batangan perlahan mulai bergeser ke emas Antam dan bukannya pegadaian atau toko emas, karena membeli dari PT Antam sudah pasti memberi Anda emas dengan sertifikat asli dan kualitas terbaik yang cocok untuk investasi. Akan tetapi, pembelian emas dari PT Anta mini hanya bisa dilakukan di unit pengolahan logam mulianya, yang berlokasi di Pulogadung, jadi tentunya hanya bisa diakses jika Anda ada di Jakarta.

Banyak toko yang menjual emas hasil produksi Antam, namun banyak pelaku investasi emas lebih suka membeli langsung di unit pengolahan agar lebih meyakinkan. Walaupun harus mengantri, namun pembelian langsung di unit pengolahan PT Antam memang lebih meyakinkan dan emasnya pun sudah pasti asli dengan sertifikat dan nomor sertifikasi resmi tercetak di emasnya, baik itu batangan maupun dinar.

 

Prosedur Pembelian Emas di Unit Pengolahan PT Antam

Ingin membeli emas langsung di PT Antam? Caranya cukup mudah walaupun Anda harus menghadapi antrian karena peminatnya besar (emas batangan dengan logo Antam pamornya lebih tinggi daripada, misalnya, emas yang sama dengan logo Pegadaian). Berikut adalah prosedur pembelian emas di unit pengolahan ini:

  • Jangan lupa membawa KTP yang masih berlaku, karena ini diperlukan agar Anda bisa masuk ke gedung Logam Mulia. KTP tersebut kemudian dititipkan dan Anda harus mengisi catatan pengunjung. Kemudian, ambil nomor antrian untuk membeli emas di monitor touchscreen yang tersedia, di tombol retail.
  • Pergilah ke loket nomor 2 dan langsung melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan jumlah emas yang ingin dibeli. Jika Anda sudah pernah membeli di unit pengolahan tersebut sebelumnya, biasanya bisa langsung bertransaksi. Jika belum, data Anda harus dimasukkan dulu oleh petugas loketnya.
  • Langsung membayar dengan kartu debet di loket 2, lalu ke loket 5 agar pembayaran bisa divalidasi. Akan tetapi, jika ingin membayar tunai, Anda harus membayarnya di fasilitas mobil bank di bagian depan lobi, lalu kembali lagi ke loket 2 dan loket 5. Jadi, jika ingin investasi emas dengan logam mulia Antam, ada baiknya punya kartu debet; semakin tinggi batas transaksinya, semakin besar nilai emas yang bisa Anda beli.
  • Setelah dari loket 5, bawa nota hasil validasi ke loket 6, lalu ambil lagi nomor antrian. Nanti, jika Anda akan menjual emasnya, Anda tak perlu membawa nota validasi ini karena yang diperlukan hanya sertifikat resmi emasnya saja.
  • Tunggu sampai nomor Anda dipanggil, lalu ke loket 7 untuk mengambil emas yang sudah Anda pesan. Cek semua detail yang tertera, termasuk kesesuaian antara sertifikat Antam pada emas dan pada sertifikat; pastikan nomor dan informasi berat emasnya sesuai. Pokoknya, jangan meninggalkan loket sebelum Anda yakin.
  • Berikan nomor antrian Anda di gerbang Logam Mulia untuk mengambil KTP.

Investasi emas menggunakan logam mulia Antam begitu diminati sehingga banyak orang tak keberatan mengantri sampai sejam. Sebenarnya, prosesnya sendiri tak lama yaitu hanya sekitar 10 sampai 40 menit. Tetapi, jika loket sedang ramai, bersiaplah menunggu sejam. Tetapi, waktu yang Anda gunakan untuk menunggu itu akan terbayar jika Anda sudah mendapatkan emas batangan yang asli, dengan sertifikat dan kode Antam yang resmi, yang akan diterima pegadaian atau toko emas manapun untuk investasi emas.