PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 23/08/16 –  Harga metal berharga relatif tetap datar selama minggu lalu, data ekonomi belakangan ini dari AS termasuk penjualan eceran sedikit mengecewakan tetapi tidak cukup untuk mengubah banyak sentimen pasar tidak juga tingkat bunga. Minggu ini, beberapa data ekonomi utama dari Inggris akan dirilis, CPI, perubahan klaim dan penjualan eceran, mereka bisa memberikan sebagian cahaya terang mengenai pengaruh awal dari hasil pemungutan suara Brexit yang bisa memicu kenaikan permintaan atas emas. Di AS, data ekonomi utama yang akan muncul termasuk risalah pertemuan FOMC, housing starts, CPI, Philly Fed Index.

Di puncak musim panas dan berlangsungnya Olimpiade dan pemilihan presiden AS yang memuncak, pasar kemungkinan akan mengalami volume perdagangan yang lebih kecil, dan ini bisa menghasilkan ayunan harga yang besar tiba-tiba – ingat kejadian devaluasi Yuan Cina yang terjadi pada bulan Agustus 2015. Meskipun demikian, saat ini, harga emas dan perak kemungkinan akan mengikuti arah dari USD dan tingkat bunga, yang pada minggu lalu tidak bergerak banyak. Risalah dari pertemuan FOMC bisa juga mempengaruhi pasar jika risalah tersebut memperlihatkan petunjuk dibelakang dari pertemuan FOMC yang terakhir – ingat pada pertemuan terakhir tidak diikuti dengan konferensi pers dan tidak juga ada update outlook ekonomi – hal ini bisa mempengaruhi perkiraan pasar mengenai probabilita dari kenaikan tingkat bunga pada tahun ini.

Menyusul rilis data ekonomi belakangan ini, pada akhir dari minggu sebelumnya, kemungkinan terjadinya kenaikan tingkat bunga pada bulan September telah menurun menjadi 6% dan untuk bulan Desember kemungkinan kenaikan hanya turun menjadi 43%. Perubahan yang sangat sedikit dalam probalita kenaikan tingkat bunga di bulan Desember bisa menjelaskan sebagian akan kurangnya arah dari harga emas. Perlu juga di tekankan bahwa dua faktor yang cenderung menggerakkan harga bullion telah menarik harga di dalam arah yang berbeda. Dolar AS terdevaluasi terhadap Euro dan Yen – yang telah membantu menaikkan harga emas dan perak, sementara itu dalam jangka panjang tingkat bunga tidak bergerak banyak dan hanya naik sedikit sejak permulaan bulan – yang cenderung menurunkan harga emas.

Di data ekonomi Inggris, sekilasan awal dari bagaimana pengaruh Brexit terhadap perekonomian Inggris akan terlihat. Jika angka-angka ekonomi ini menunjukkan banyak angka yang menurun, hal ini akan bisa membuat orang akan menghindari resiko di Eropa yang bisa membantu menurunkan harga emas dan perak

Ringkasnya, emas dan perak tidak bergerak banyak pada minggu lalu, pertemuan FOMC bisa menggerakkan pasar jika diakhiri dengan merevisi perkiraan pasar mengenai kemungkinan kenaikan tingkat bunga. Tetapi dengan mempertimbangkan FOMC tidak mencoba menggoyangkan pasar, risalah pertemuan FOMC diperkirakan tidak akan memberikan sesuatu hal yang baru. Dan kecuali data ekonomi dari Inggris muncul jauh dibawah dari yang diperkirakan oleh pasar, yang akan bisa membawa aksi jual di pasar dan dengan demikian mendorong naik metal berharga – harga emas dan perak tidak akan bergerak ke arah yang jelas pada minggu ini.