Terkadang ketika pagi hari menjelang badan terasa enggan beranjak dari peraduan. Padahal manfaat bangun pagi sangat besar. Kebanyakan orang-orang yang sukses di dunia bisnis selalu bangun pada pagi hari. Bila Anda seorang muslim, sebenarnya sudah menjadi keberuntungan karena bangun untuk shalat Subuh.

Manfaat bangun pagi sangatlah besar, menurut penelitian pakar menyebutkan bahwa ada zat tertentu yang hanya muncul pada pagi hari. Kemudian menghilang dengan cepat ketika matahari sudah muncul di ufuk timur. Terlepas dari kajian ilmiah itu bangun pagi hari memungkinkan tubuh untuk lebih bersiap untuk melakukan aktivitas seharian.

Menurut Laura Vanderkam dalam bukunya ‘Most Succes People Do Before Breakfast’ menyebutkan bahwa pengusaha-pengusaha sukses itu melakukan hal-hal bermanfaat di pagi hari. Seperti dapat melihat peluang-peluang penting dan melakukan perencanaan dengan segera.

Pengusaha-pengusaha sukses itu tak mau kehilangan waktu, mereka langsung action disaat yang lain masih terlelap. Ketika siang menjelang, orang-orang sudah jauh tertinggal. Di pagi hari, para pengusaha sukses itu selalu menyerap informasi terbaru atau terbarukan sehingga langkah-langkah bisnisnya berjalan sangat cepat dan baik.

Bagun di pagi hari membuat ‘mesin’ di dalam tubuh sudah jauh lebih panas ketimbang orang yang bangun agak siang. Ketika masa beraktivitas berjalan, maka ‘mesin’ di dalam tubuh sudah berjalan sempurna. Tak mengherankan bila kemudian para pengusaha sukses itu seolah-olah tak merasa letih ketika tengah beraktivitas. Energi yang terpakai sudah terukur dengan baik sesuai dengan kebutuhannya. Stabilitas energi terjaga dengan baik.

Para pengusaha sukses yang bangun di pagi hari datang ke tempat bekerja dalam kondisi segar. Dalam artian mereka tidak pernah diburu waktu karena pergi ke kantor dengan waktu yang terjaga dengan baik. Bila demikian mereka memiliki semangat kerja yang tinggi, alias mood-nya tidak terganggu sama sekali. Jadi ketika bekerja perasaan suntuk sama sekali tidak mereka rasakan. Walhasil sepanjang hari akan terasa menyenangkan.

– See more at: bisnisindeks.com