PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 24/06/16 – Bagi Anda, pria yang begitu memperhatikan model rambut supaya tetep tampil keren atau ‘kece’ tentu pernah mendengar tentang produk “pomade”. Kini banyak yang membicarakan produk rambut yang satu ini. Produk ini akan membuat tampilan rambut Anda lebih awet jika dibandingkan dengan produk gel biasa.

Minyak rambut yang pernah terkenal juga pada tahun 1.900-an ini juga banyak digunakan oleh para artis seperti Leonardo di Caprio, Justin Timberlake, George Clooney. Banyak orang yang sudah menjadi pengguna setianya. Karena kini banyak digandrungi, banyak pihak yang merasa diuntungkan. Bukan hanya produsen saja yang diuntungkan tetapi para distributor atau penjual yang menyediakan jasa online.

Hal tersebut dapt dirasakan oleh Januar Wijaya. Awalnya ia merupakan pengguna setia dari pomade. Namun dengan menjadi konsumen ternyata tidak membuatnya puas. Dia mencoba menjualnya secara online melalui website extremepomade.com dan ternyata hasil yang didapatpun sangat memuaskan. Tiap bulannya dia dapat mendapatkan omzet hingga 300 juta rupiah.

Ini semua dia dapatkan dari kebiasaannya menggunakan pomade dalam segala aktifitasnya. Dia bahkan sudah merasa bahwa pomade sudah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi. Itulah yang mendorongnya untuk memenuhi kebutuhan para pengguna pomade lainnya. Januar memulainnya pada bulan januari 2014.

Awalnya dia membuat website supaya memudahkan pelanggannya untuk mengetahui informasi seputar produk yang akan dipesannya. Konsumen dapat memilih merk dan kuantitas produk yang akan dipesannya. Setelah memesan, konsumen diharuskan membayarnya terlebih dahulu sebelum barang dikirim ke alamat yang diinginkan pemesan.

Dia menyiapkan modal sebanyak 4 juta rupiah. Uang tersebut dia gunakan untuk pengadaan beberapa produk pomade merk impor. Usaha ini dia lakukan dengan rajin dan tekun.

Januar mengatakan bahwa sekarang tokonya menjual kurang lebih 20 merk pomade. Toko onlinenya termasuk relatif lengkap dibandingkan dengan toko online lainnya. Iapun mengaku menjual produk pomade dengan harga yang bersaing. Hal tersebut dilakukannya untuk menarik daya tarik konsumen. Tokonya akan terus berkembang dengan bertambah banyaknya jumlah produsen pomade lokal.

Harga pomade yang Januar jual sekitar Rp 60.000,00 sampai dengan Rp 130.000,00. Dalam waktu satu bulan, tokonya menerima pesanan minimal 3.000 pomade. Pesanan tersebut dia dapatkan dari Sabang hingga Merauke. Januar mengaku bahwa keuntungan yang ia dapatkan antara 5 % sampai 25 %, bergantung pada merk produk yang dipesan.

Untuk melebarkan sayapnya, Januar melakukan penawaran kerja sama. Kerja sama tersebut dia tawarkan pada para produsen lokal maupun impor. Metode sebagai reseller yang ia gunakan adalah sistem beli putus dengan jumlah yang besar.

Namun Januar tidak hanya mengandalkan websitenya, ia juga menggunakan forum jual beli online untuk menarik perhatian para konsumennya. Dia mengatakan bahwa ia bisa berhasil dikarenakan kepercayaan konsumenlah yang ia utamakan. Januar sama sekali tak ingin membuat para pelanggannya kecewa.

Dengan maraknya penipuan yang menggunakan modus jual beli online, membuat bisnisnya terkena imbas. Para calon pelanggan biasanya akan ragu untuk memesan. Ia menyiasatinya dengan menampilkan foto persediaan produk dalam jumlah yang banyak dan menunjukkan testimoni dari pelanggan sebelumnya. (tra)  PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI