PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 06/09/16 – Siapa yang tak mengenal Kim Jong Un. Pemimpin Korea Utara ini dikenal sebagai diktator yang kejam dan otoriter. Sang presiden pun juga punya sisi lain: kaya dan hidup mewah.

Dilansir dari MyFirstclasslife, Senin (5/9/2016), pemain basket legendaris, Dennis Rodman yang pernah datang bertemu dengan Kim Jong Un menggambarkan kehidupan sang diktator bak bintang 7 dan penuh kemewahan. Sementara kebanyakan orang tahu bahwa Kim Jong Un yang adalah orang yang tak banyak bicara dan bersikeras menghancurkan dunia serta

Kim sering terlihat menggunakan busana hitam-hitam dan ekspresi muram di wajahnya. Namun siapa sangka, Kim pernah berpesta dengan Dennis Rodman di pulau pribadinya, dan menghabiskan US$ 30 juta atau setara Rp 394,4 miliar (Kurs: Rp 13.148 per US$) hanya untuk minuman beralkohol.

Kekayaan Kim Jong Un dikabarkan mencapai US$ 5 miliar atau setara Rp 65,7 triliun. Bandingkan dengan penghasilan rakyat Korea Utara yang rata-rata mencapai US$ 1.500 atau setara Rp 19,7 juta per tahun. Nilai itu hanya sebanding dengan harga tas istri Kim Jong Un yang dibawa ke arena pacuan kuda.

Sama dengan kebanyakan negara lain, Korea Utara punya struktur penduduk, di mana kelas atas punya akses lebih luas dan mudah ke sumber daya mulai dari air bersih hingga ke barang mewah dan mobil.

Sementara kelas menengah di Korea Utara tak banyak bisa disamakan dengan penduduk di negara lain yang berkembang. Yang jadi faktor pembeda terbesar adalah penduduk miskinnya.

Porsi populasi yang besar tak memiliki akses ke fasilitas umum, dan banyak yang akan menyangkal bahwa Korea Utara menjadi tempat tinggal terburuk di dunia. Banyak orang yang masih acuh terhadap situasi ini, kebanyakan disebabkan karena upaya Kim Jong Un dan kroninya untuk menutup negara mereka dari dunia luar, sehingga pergerakan informasi lumpuh.

Dengan situasi tersebut, banyak pertanyaan muncul, kenapa Kim Jong Un dengan kekayaannya tak membantu?

Hidup Mewah

Banyak yang takut pada pemimpin diktator ini. Kim juga percaya bahwa seluruh penduduknya menganggap dia bak manusia setengah dewa.

Hal itu kontras dengan kehidupan sang diktator. Sebagai gambaran, penduduk Korea Utara tengah sulit mencari makan sementara sang pemimpin berkeliling menggunakan kereta anti peluru dan juga berjalan-jalan dengan yacht sepanjang 95 kaki miliknya.

Dennis Rodman adalah salah satu sedikit sosok yang berkesempatan menghabiskan waktu dengan sang diktator, dan menceritakannya ke dunia luar. Maklum, Korea Utara seolah terisolir. Mantan pemain Chicago Bulls ini mengatakan apapun yang diinginkan, Kim Jong Un punya yang terbaik.

Apakah itu pekarangannya, kudanya atau arlojinya, tiran Korea Utara ini tak terlihat bahwa dia dan keluarga hidup dalam kemewahan. Padahal, Kim Jong Un menyukai kemewahan.

Sejak kematian ayahnya, rezim di bawah kepemimpinan Kim Jong Un telah menghabiskan sekitar US$ 645 juta per tahun untuk mengimpor barang-barang mewah.

Yang paling menonjol di antara barang-barang yang diimpor adalah jam tangan mewah dan minuman keras, yang dia gunakan untuk menyuap pejabat pemerintah untuk menjaga loyalitas mereka. Jumlah minuman keras yang dia impor ke Korea Utara per tahun mencapai US$ 33,1 juta dalam setahun.

Bergelimang harta

Untuk menjaga citra keluarga, dia juga menghabiskan jutaan dolar untuk mengimpor kuda balapan dan barang elektronik. Istrinya, Ri Sol-Ju menutup diri dari publik Korea Utara setelah dirinya sering terlihat memakai barang-barang mewah, seperti tas tangan Dior yang harganya lebih dari rata-rata pendapatan tahunan rakyatnya.

Membaca penjelasan itu, ada pandangan bahwa Kim menghabiskan banyak kekayaannya untuk alkohol dan emas. Namun Kim lebih banyak lagi menghabiskan uangnya untuk properti.

Kim punya kapal pesiar senilai US$ 7 miliar dan pulau pribadi dengan seluncuran air. Kapal pesiar tersebut dibuat oleh LVMH Group yang dikenal dengan merek global yang terseohor, Louis Vuitton dan Christian Dior.

Kim sering melakukan perjalanan 10 hari dengan kapal pesiarnya itu berkeliling pulau pribadi miliknya. Tak ada yang tahu di mana letak pulau pribadi sang diktator, namun Dennis Rodman pernah mengunjunginya.

Kim juga punya barang favorit untuk dikoleksi. Dia suka mengoleksi kendaraan, mulai dari skuter hingga mobil sport. Dikabarkan dia menghabiskan jutaan dolar setiap tahun untuk membeli kendaraan. Dia juga berencana membangun resort pribadi untuk ski.