Kontak Perkasa – Beberapa tahun terakhir ini, travelling sepertinya menjadi bisnis yang menggiurkan bagi sebagian orang. Namun, tidak semuanya sukses dengan usaha ini. Tingginya persaingan membuat orang yang terjun dalam bisnis traveling harus lebih jeli memikirkan strategi apa yang akan digunakan untuk bertahan dan berkembang. Jika tidak, ancaman gulung tikar pun bisa saja terjadi kapan saja. Sekeras apapun anda berusaha, jika strategi yang digunakan tidak tepat, maka anda hanya akan berakhir dengan kegagalan.

Mengapa e-mail marketing?

Promosi yang tepat menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis perjalanan wisata. Banyak strategi yang dapat digunakan untuk mempromosikan usaha anda. Salah satunya adalah email marketing. Kenapa harus dengan emai marketing? Saat ini, siapa sih yang tidak memiliki email. Meski tujuan pembukaannya berbeda-beda (ada yang membuka email untuk login di akun sosial), semua orang yang mengaku dirinya melek teknologi pasti memiliki email.

Sesuai dengan namanya, email marketing menggunakan email sebagai alat bantu promosi usaha. Sebagai gambaran, dengan email marketing bisnis anda bisa dipromosikan secara massal ke sejumlah email penerima dalam sekali kirim saja. Praktis, anda pun bisa mengatur siapa pengunjung website yang akan dibidik, tergantung produk jasa traveling yang anda tawarkan. Ya, email marketing mampu membuat promosi anda tepat sasaran.

Jenis e-mail marketing untuk bisnis travel

Ada beberapa tipe atau fitur email marketing efektif dalam mempromosikan bisnis traveling anda. Di antaranya adalah:

  • Direct email marketing

Direct email marketing merupakan salah satu tipe dari email marketing. Direct email marketing merupakan pengiriman pesan promosi dalam bentuk email secara langsung dari list email pelanggan atau calon pelanggan anda. Dengan direct email ini, anda bahkan bisa mengirimkan katalog, brosur, hingga berita tentang usaha traveling anda ke pelanggan. Format dalam direct email pun bervariasi. Pesan dikirim dapat berupa teks biasa, HTML, hingga pesan multimedia.

  • Retention Email

Tipe ini sangat cocok untuk bisnis travelling. Karena sifatnya sangat kompetitif, menjaga konsumen lama anda pun menjadi pekerjaan rumah bagi anda, sebab, menjaga konsumen lama, lebih  baik dan efesien daripada harus mencari konsumen baru. Artinya, dengan Retention email, anda bisa menjaga hubungan anda dengan konsumen anda secara baik.

  • Beriklan dengan email orang lain

Bagaimana caranya? Di sini, peranan anda untuk mempercayai publisher tertentu sangat dibutuhkan, karena, dalam tipe ini, anda harus membayar kepada publisher email tertentu untuk menempatkan iklan anda di sejumlah titik pesan email yang mereka kirim.

Nah, menarik bukan promosi dengan email marketing? Di era teknologi, hampir dipastikan semua orang punya email. Ribuan hingga jutaan orang bahkan menjalankan bisnis berbasis internet, dan email adalah salah satu media komunikasi utama. Kalkulasi angka ini jelas membuat anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membuat katalog untuk mempromosikan bisnis traveling anda.

Tips sukses dengan email marketing

  • Buat form signup yang sederhana dan mudah diakses
  • Buat ajakan yang menarik agar calon konsumen tertarik untuk bergabung (mis., dengan program newsletter tujuan wisata dunia)
  • Berikan gambaran tentang manfaat yang mereka dapatkan dengan bergabung
  • Ajak pembaca untuk memasukkan email perusahaan anda di daftar “whitelist” email, agar email-email yang anda kirimkan tidak masuk ke folder ‘spam.” Cari caranya di website provider atau di Google.

E-mail marketing adalah media untuk memperkenalkan bisnis traveling anda kepada calon konsumen sekaligus  untuk mengajakan mereka bergabung. Namun, jangan terlalu agresif mengajak konsumen untuk ‘membeli jasa” anda. buat mereka senyaman mungkin.