Dolar Australia Menguat, Yen Melemah – Kontak Perkasa Futures

KONTAK PERKASA FUTURES BALI – Dolar Australia mendapat dorongan terhadap greenback pada hari senin menyusul kemenangan pemilihan mengejutkan oleh pemerintah konservatif Australia, sementara yen sedikit menurun pada pemulihan sentimen pasar.

Indeks dolar terhadap sekumpulan enam mata uang sebagian besar stabil di 97,970, setelah membukukan kenaikan mingguan terbesar sejak awal Maret pekan lalu.

Aussie merupakan penggerak besar di awal perdaganagn Asia dan terakhir naik setengah persen pada $0,6904, setelah rebound dari tekanan empat bulan di level $0,6865.

Aussie juga menemukan dukungan pada pernyataan dari bank sentral China pada hari Minggu bahwa pihaknya akan menjaga stabilitas yuan dalam kisaran yang wajar dan seimbang.

Terhadap yen, dolar naik 0,1% menjadi 110,195, membangun kenaikan pekan lalu, ketika membukukan kenaikan mingguan pertama terhadap mata uang Jepang dalam lima pekan.

Yen melemah pada peningkatan selera risiko yang luas di kalangan investor. Data menunjukkan ekonomi Jepang lebih kuat dari yang diharapkan pada kuartal terakhir.

Ekonomi Jepang tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 2,1%, data pemerintah menunjukkan, sedikit mempercepat dari pertumbuhan kuartal sebelumnya yang didukung oleh kenaikan ekspor neto.

Pembacaan awal untuk produk domestik bruto kuartal pertama dibandingkan dengan estimasi rata-rata dari kontraksi tahunan 0,2% dalam jajak pendapat Reuters para ekonom.

Euro sedikit lebih tinggi pada $1,1161, pulih sedikit setelah turun pekan lalu pada komentar dari Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini bahwa aturan Uni Eropa membahayakan negaranya.

Fokus investor pekan ini adalah pada pemilihan 23-26 Mei untuk Parlemen Eropa yang baru – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : Reuters