PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 04/08/16 – Mengakhiri perdagangan forex sesi Amerika hari Rabu  beberapa jam lalu, dollar AS ditutup rebound kuat terhadap semua rival-rivalnya. Dan masuki perdagangan sesi Asia Kamis pagi (4/8) dollar   bergerak mixed dengan pelemahan terhadap  yen Jepang dan kurs komoditas. Dollar AS berhasil keluar dari jurang pelemahan 6 minggu oleh sentimen bangkitnya kembali ekspektasi kenaikan Fed rate pasca mantapnya laporan tenaga kerja sektor swasta Amerika Serikat menurut data ADP.

Dengan kenaikan data ADP employment change bulan Juli menjadi 179K dari 176K periode bulan sebelumnya dan melampaui perkiraan pelemahan data di 171K, pasar optimis data NFP bulan Juli yang akan dilaporkan hari Jumat akan bangkit kembali dan memberi sinyal kuat terjadinya kenaikan Fed rate dalam waktu dekat.

Dan perdagangan hari ini harapan kenaikan  suku bunga Fed selanjutnya tahun ini masih akan diperkuat oleh laporan unemployment claims periode pekan lalu yang diperkirakan lebih rendah dari periode sebelumnya.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Asia bergerak negatif  setelah dibuka lebih tinggi pada posisi 95.51  dan bergulir pada posisi 95.50. Perdagangan sebelumnya indeks dollar AS naik  hingga  0,5 persen lebih.