PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 15/08/16 – Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2 persen pada 07:10 waktu London, setelah rally 3,1 persen pekan lalu. Pasar di Korea Selatan dan India ditutup Senin untuk liburan.

Indeks Topix turun 0,5 persen karena Jepang mencatat ekspansi tahunan untuk kuartal kedua sebesar 0,2 persen, di bawah 0,7 persen yang diproyeksikan oleh ekonom. Para pejabat di ekonomi terbesar kedua di Asia sedang berjuang untuk memicu pertumbuhan harga, bank sentral menjalankan suku bunga negatif dan program pembelian aset belum pernah terjadi sebelumnya, dan pemerintah juga memperkuat stimulus fiskal.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,8 persen ke level tertinggi sembilan bulan setelah data pemerintah menunjukkan ekonomi tumbuh pada kuartal kedua di laju tercepat sejak 2001. Indeks komposit Shanghai menguat 2,7 persen ke level tertinggi sejak Januari setelah pembelian saham oleh China Evergrande. Shenzhen Composite Index naik tertinggi sejak Juni setelah Hong Kong Economic Journal melaporkan bahwa pertukaran link yang diusulkan dengan Hong Kong akan diumumkan segera setelah minggu ini dan akan dimulai pada bulan Desember. Yuan melemah 0,2 persen menjadi 6,6466 per dolar AS di Shanghai. ukuran terluas China kredit baru meningkat pada bulan Juli oleh setidaknya dalam dua tahun, sebuah laporan menunjukkan Jumat. Data sebelumnya hari itu menunjukkan output pabrik, penjualan ritel dan investasi aset tetap semua melambat dalam perekonomian terbesar di Asia.

Baht Thailand menguat 0,2 persen setelah pemerintah melaporkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dari perkiraan. Produk domestik bruto naik 3,5 persen dalam tiga bulan hingga Juni dari tahun sebelumnya, diatas estimasi para ekonom.

West Texas Intermediate naik sebanyak 1 persen menjadi $ 44,95 per barel. Ini melonjak 6,4 persen dibandingkan pekan lalu, kinerja terbaik sejak April. Arab Saudi mengisyaratkan kesiapan negera ini untuk membahas stabilisasi pasar di diskusi informal yang diselenggarakan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak pada bulan September mendatang. Menteri perminyakan dan luar negeri Venezuela akan mengunjungi negara-negara produsen untuk melobi kenaikan harga menjelang perundingan, kata Presiden Nicolas Maduro.

Nikel naik 0,3 persen di London, setelah tenggelam 4 persen di sesi terakhir. Tembaga naik 0,2 persen dan emas naik 0,3 persen.