PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 12/08/16 – Harga timah di bursa Malaysia turun pada perdagangan Jumat (12/08). Penurunan harga timah tertekan penguatan dollar AS.

Dollar AS semalam naik 0,37 persen terhadap sekeranjang mata uang dengan fokus pasar masih mencermati prospek kenaikan suku bunga AS. Siang ini terpantau dollar AS masih lanjutkan penguatannya.

Penguatan dollar AS membuat harga komoditas timah yang diperdagangkan dalam mata uang dollar AS menjadi mahal, sehingga permintaannya menurun.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami penurunan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 18.400 dollar per ton, turun sebesar 150 dollar atau 0,8 persen dari penutupan sebelumnya pada 18.550.

Lihat : Harga Timah 11 Agustus Naik Terbantu Penguatan Bursa Shanghai

Malam nanti akan dirilis data Retail Sales AS Juli yang diindikasikan melemah. Jika terealisir dapat melemahkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik jika dollar AS terealisir melemah jika data Retail Sales terealisir melemah. Harga akan menghadapi level Resistance di posisi 18.600 dollar dan 18.600 dollar. Akan tetapi jika terjadi penurunan, harga timah akan menghadapi level support di 18.200 dollar dan 18.000 dollar.