PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 21/09/16 – Emas sebagian besar stabil, Rabu (21/9), di sesi Asia dengan ulasan kebijakan terbaru Bank of Japan selanjutnya dan investor juga bersiap dengan keputusan suku bunga Federal Reserve AS dini hari nanti.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York naik tipis 0,03% menjadi $1,318.65 per troy ounce.

Hasil pertemuan kebijakan Bank of Japan pada hari Rabu dapat dilihat perubahan penting dalam program pelonggaran nya yang mencakup suku bunga mungkin memotong lebih dalam ke wilayah negatif, tweak untuk program pembelian aset atau aturan baru pada durasi sekuritas itu akan membeli di obligasi pasar.

BoJ telah menerapkan suku bunga negatif pada beberapa kepemilikan bank dan sedang mencetak ¥ 80 triliun ($750 miliar) setahun untuk merangsang inflasi setelah beberapa dekade alami deflasi dan pertumbuhan yang stagnan, namun ekspektasi inflasi tampaknya melemah.

Juga di Jepang, data neraca perdagangan bulan Agustus akan dirilis dengan surplus ¥202 miliar yang diharapkan dan impor turun 17,8% serta ekspor turun 4,8% tahun-ke-tahun.

Semalam, harga emas tetap stabil di wilayah terbatas selama sesi Amerika, dengan sebagian besar investor mengamati dengan ketat. Pada hari Senin, harga berada di $7,60, atau 0,58%, akibat dolar AS tergelincir di tengah ekspektasi tak ada perubahan tingkat suku bunga dari Fed.

Sementara itu konsensus menguat bahwa Fed mempertahankan suku bunganya pada akhir pertemuan kebijakan di hari Rabu, beberapa pelaku pasar berharap dapat memberikan petunjuk jelas kesiapan untuk menaikkan suku bunga pada bulan Desember.

Pasar saat ini menghargai kesempatan hanya 15% dari kenaikan suku bunga di pekan ini, menurut Perangkat Pemantau Suku Bunga Fed Investing.com.

Logam mulia sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat biaya kesempatan memegang aset non-unggulan seperti emas, sementara itu juga meningkatkan dolar dalam harganya. Kenaikan bertahap tingkat suku bunga yang lebih tinggi dipandang kurang mengancam harga emas daripada serangkaian peningkatan yang cepat.