PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 22/07/16 – Harga emas tergelincir lebih rendah pada hari Jumat. Rilis data AS yang optimis pada sesi sebelumnya memberikan dukungan bagi dolar AS dan Bank Sentral Eropa membuka pintu lebar untuk langkah-langkah stimulus lebih lanjut.

Di divisi Comex Bursa Perdagangan New York, emas berjangka untuk pengiriman Agustus turun 0,37% menjadi $1,326.05.

Kontrak Agustus yang berakhir di sesi Kamis 0,89% lebih tinggi pada $1,331.00 per ounce.

Kemungkinan besar akan menemukan support di $1,312.80, Kamis terendah dan resistance di $1,341.40, tertinggi dari 14 Juli.

Sentimen menguat ringan setelah Presiden ECB Mario Draghi mengatakan pada hari Kamis bahwa pasar Eropa rapuh terhadap volatilitas pasca-Brexit dengan “dorongan ketahanan”, tetapi menegaskan bahwa bank sentral siap untuk bertindak dengan menggunakan semua instrumen yang tersedia di bawah mandatnya jika diperlukan.

Komentar itu muncul setelah bank sentral ECB mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah pada rekor terendah 0,0% dalam tindakan yang diharapkan.

Secara terpisah, dolar US tetap didukung setelah data AS yang positif pada hari Kamis mendorong optimisme atas kekuatan ekonomi.

Data menunjukkan bahwa AS penjualan rumah lama meningkat tak terduga sebesar 1,1% pada bulan Juni 5,57 juta unit, sementara laporan terpisah menunjukkan bahwa klaim pengangguran AS turun tak terduga sebesar 1.000 menjadi 253.000 di pekan lalu.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lain, stabil di 96,96, tidak jauh dari tertinggi empat bulan Rabu di 97,37.

Data yang optimis menambah ekspektasi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga dalam waktu dekat.

Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS. Namun, kenaikan bertahap tingkat suku bunga yang lebih tinggi dipandang kurang mengancam harga emas daripada rangkaian peningkatan yang cepat.

Di tempat lain dalam perdagangan logam, perak berjangka untuk pengiriman September turun 0,39% menjadi $19,737 per troy ounce, sementara tembaga berjangka untuk pengiriman September turun 0,69% menjadi $2,242 per pon.