KONTAK PERKASA (09/05) – Emas masih tertahan ketika meredanya ketegangan di Ukraina dan ketidakpastian kebijakan Fed.

Separatis pro Rusia di Ukraina tampaknya bertekad untuk melanjutkan referendum pada 11 Mei, meskipun secara jelas Presiden Rusia telah menarik dukungan atas referendum tersebut. Putin tampaknya mendukung pembicaraan baru antara Kiev dan separatis, tetapi ada keraguan yang cukup besar terhadap motifnya karena pemilihan presiden Ukraina telah dijadwalkan pada tanggal 25 Mei.

Pada hari Kamis, kementerian pertahanan Rusia mengatakan sekitar 15.000 tentara Ukraina telah berkumpul di dekat perbatasan dengan Rusia, menurut kantor berita Rusia Interfax. Sekelompok separatis pro Rusia di timur Ukraina mengatakan akan pergi ke tempat pemungutan suara referendum yang ditetapkan pada hari Minggu, menurut kantor berita.

Janet Yellen tampil di hadapan Komite Anggaran Senat dan menegaskan testimoninya kemarin terkait beberapa konsensus dari beberapa hal yang paling penting selama dua hari di depan kongres AS dan komite anggaran tentang pasar perumahan AS.

Sementara itu, Yellen mengatakan Fed mengharapkan neraca the Fed akan menurun setelah bank sentral mulai mengetatkan kebijakan. Hal Ini kemungkinan akan memakan waktu “5 sampai 8 tahun” untuk membuat neraca kembali ke masa sebelum krisis setelah bank sentral menghentikan pembelian oblgasi.

Di Eropa, Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi membuka pintu untuk melakukan kebijakan pelonggaran moneter pada pertemuan kebijakan bank sentral berikutnya.  Dalam sambutannya, Draghi juga telah menunjukkan keprihatinan serius mengenai ketegangan geopolitik di Ukraina.

Harga emas kemungkinan akan bergerak menuju support di USD 1287.52 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support USD 1280.29 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas menguat terhadap dolar dan harga emas tertahan kuat di area USD 1291.27 per troy ounce dan muncul sinyal bullish di sekitar area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistance USD 1294.75 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa emas bergerak ke atas menuju resistance berikutnya di USD 1301.98 .