KPF BALI 20/06/16 – Emas jatuh seiring jajak pendapat menunjukkan keunggulan tipis untuk kubu yang mendukung Inggris untuk bertahan di Uni Eropa hanya beberapa hari sebelum pemungutan suara bersejarah dilakukan sehingga melemahkan permintaan untuk investasi haven.

Bullion untuk pengiriman segera jatuh 1,1 persen ke level $ 1,284.91 per ounce sebelum diperdagangkan di level $ 1,286.43 pada pukul 9:11 pagi waktu Singapura, menurut harga publik Bloomberg. Logam kuning ini memangkas keuntungan tahun ini menjadi 21 persen.

Emas sudah diuntungkan dalam tiga minggu terakhir di tengah kekhawatiran bahwa para pemilih Inggris mungkin memilih untuk meninggalkan Uni Eropa pada referendum 23 Juni nanti, dengan bullion naik ke level tertinggi dalam hampir dua tahun. Jajak pendapat dari Survation untuk koran Mail for Sunday menunjukkan kubu yang meninginkan Inggris untuk bertahan memperoleh suara 45 persen sedangkan kubu yang meninginginkan Inggris mendukung “Keluar” memperoleh 42 persen. Kematian dari anggota parlemen pro-Eropa Inggris Jo Cox minggu lalu membuat pengurangan taruhan bahwa Inggris akan keluar dari blok perdagangan terbesar di dunia. (Tra)

Sumber: Bloomberg