Emas berjangka naik untuk kedua kalinya dalam 3 hari terakhir setelah laporan menunjukkan klaim pengangguran AS meningkat melebihi perkiraan pekan lalu, mendorong permintaan untuk logam sebagai investasi alternatif.

World Gold Council mengatakan hari ini bahwa itu “cukup optimis” pada prospek permintaan perhiasan setelah total konsumsi pada kuartal ketiga turun ke level terendahnya dalam hampir 5 tahun terakhir. Kontrak berjangka anjlok sebesar 8,4 % dalam 3 bulan yang berakhir pada 30 September lalu. Harga telah menguat 2,8 % dari level 4 tahun terendahnya ke level $ 1,130.40 per ons pada 7 November kemarin.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan Desember naik 0,2 % untuk menetap di level $ 1,161.50 pukul 1:39 di bursa Comex New York. Perdagangan agregat sebesar 58 % di atas rata-rata untuk 100 hari terakhir untuk hari ini, menurut data yang disurvei oleh Bloomberg.

Tahun ini, harga telah melemah sebesar 3,4 %. Pekan lalu, dolar naik ke level 5 tahun tertingginya terhadap 10 mata uang utama pada ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan tingkat suku bunga acuan tahun depan, sementara bank sentral di Eropa dan Jepang memperluas langkah-langkah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. (knc)

Sumber : Bloomberg