PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 12/08/16 – Di tengah perdagangan forex sesi Asia akhir pekan (12/8) dollar AS bergerak negatif setelah sempat dibuka lebih tinggi oleh sikpa pasar yang memilih profit taking sebelum memutuskan posisi selanjutnya. Sepanjang hari ini pasar disajikan rilis data ekonomi yang hampir semuanya memberikan tekanan kepada dollar dan rival-rivalnya.

Data fundamental yang mempengaruhi pergerakan dollar terhadap rival-rivalnya sepanjang hari akan dirilis pada sesi Amerika diperkirakan negatif yaitu data retail sales AS dan data PPI, sedangkan yang positif akan datang dari data data sentimen konsumen survey UoM.

Terpantau pagi ini dollar hanya menguat terhadap mata uang aussie, dikarenakan data ekonomi yang mengecewakan dari Tiongkok. Pemerintah negara ekonomi terbesar kedua tersebut melaporkan data retail sales, produksi industri dan data aset investasi negeri tersebut menurun dariu periode sebelumnya.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Asia bergerak lemah dengan trend konsolidasi  setelah dibuka lebih tinggi pada posisi 95.92  dan bergulir pada posisi 95.91. Perdagangan sebelumnya indeks dollar AS menguat   hingga  0,4 persen lebih.