PT KONTAK PERKASA FUTURES 15/11/18 – Dolar merosot terhadap sejumlah mata uang pada hari Rabu, sementara pound tergelincir kembali di bawah level 1,30 menjelang pertemuan kabinet utama Inggris untuk membahas rancangan perjanjian Brexit yang disepakati setelah menjalani perundingan lebih dari setahun.

Indeks dolar AS – yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama – turun 0,14% ke 97,01 pada pukul 15.50 WIB. Indeks telah mencapai level tertinggi 16 bulan di 97,53 pada hari Senin.

Pound melemah, dengan GBP/USD beranjak ke 1,2974, setelah mencapai tingkat tertinggi 1,3046 pada hari Selasa.

Sterling menguat setelah para juru runding di Brussel akhirnya menyetujui ketentuan kepergian Inggris dari Uni Eropa.

Tapi pound tergelincir melemah di tengah ketidakpastian mengenai apakah Perdana Menteri Inggris Theresa May akan dapat meyakinkan kabinet yang terpecah agar bisa mendukung kesepakatan pada pertemuan tersebut.

Jika kabinet menyetujui rencana tersebut, Uni Eropa mengharapkan untuk mengadakan KTT Brexit khusus pada 25 November. May kemudian bisa mempresentasikan kesepakatan di parlemen, kemungkinan besar pada pertengahan bulan Desember.

Euro sedikit berubah terhadap pound, EUR/GBP berada di 0,8702 dan bertahan di atas level terendah lima bulan di 0,8655 yang disentuh pada hari Selasa.

Mata uang tunggal bergerak datar terhadap dolar, di mana EUR/USD berada di 1,1282, dari ketinggian semalam 1,1283.

Di zona euro, data menunjukkan bahwa ekonomi Jerman berkontraksi untuk pertama kalinya sejak kuartal pertama 2015 di kuartal ketiga ini, sehingga menambah ketakutan atas dampak perang perdagangan global pada prospek pertumbuhan global.

Data tersebut muncul setelah laporan menunjukkan bahwa perekonomian Jepang juga berkontraksi selama tiga bulan hingga September.

Investor kini mengamati data awal pertumbuhan zona euro untuk kuartal ketiga yang lebih besar.

Euro juga berada di bawah tekanan setelah Italia menentang Komisi Eropa dengan tetap berpegang pada rencana anggaran rancangan dengan defisit yang tinggi tahun depan.

Brussels – khawatir dengan dampak belanja yang tinggi pada tingkat utang Italia yang juga tinggi – telah meminta Roma untuk merevisi anggaran atau menghadapi kemungkinan denda.

Dolar stabil terhadap yen, dengan USD/JPY di 113,84.

KontakPerkasa Futures