PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 02/09/16 – Bursa saham Eropa bergerak naik pada hari Jumat, dengan investor menunggu laporan ketenagakerjaan AS malam ini dan rebound harga minyak turut mendukung sektor energi.

Selama awal perdagangan Eropa, EURO STOXX 50 terdongkrak 0,54%, CAC 40 Perancis menguat 0,55%, sementara DAX 30 Jerman bertambah 0,12%.

Pelaku pasar kini mengamati laporan upah non-pertanian di Jumat malam untuk indikasi lebih lanjut tentang kekuatan pasar tenaga kerja setelah Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer mengatakan di awal minggu ini bahwa pasar tenaga kerja AS hampir dengan kekuatan penuh dan bahwa laju kenaikan suku bunga akan tergantung data selanjutnya.

Kenaikan harga minyak membantu saham terkait energi bergerak lebih tinggi pada hari Jumat. Saham minyak dan gas Perancis, Total SA (PA:TOTF) naik tipis 0,09% dan Italia ENI (MI:ENI) naik 0,30%, sedangkan Norways Statoil (OL:STL) bertambah 0,31%.

Di London, FTSE 100 bertambah 0,18%, didorong oleh Astrazeneca (LON:AZN), yang sahamnya reli 1,23% bahkan setelah regulator AS mengatakan produsen obat tersebut harus akan membayar £4,2 juta untuk menyelesaikan suap penyelidikan asing dalam pembayaran yang tidak wajar oleh staf penjualan dan pemasaran kepada pejabat kesehatan di mana kantor perwakilan berada di antaranya, China dan Rusia.

Dalam bursa AS, pasar ekuitas bergerak mantap untuk dibuka menguat. Dow Jones Industrial Average berjangka untung 0,04%, S&P 500 berjangka naik 0,01%, sedangkan Nasdaq 100 berjangka terdorong 0,11%.