IHSG dibuka melemah, pelemahan yang terjadi dikarenakan bursa global yang melemah. Walaupun data tenaga kerja membaik, penutupan Wall Street jumat kemarin juga ditutup melemah, aksi jual tersebut berlangsung berhari – hari dikarenakan adanya kekhawatiran terhadap Argentina yang gagal bayar. Selain itu ada resiko geopolitik di Ukraina – Rusia yang diperkirakan masih memanas. Selain itu juga serangan Israel ke Gaza juga ikut mempengaruhi. Selain itu mengecewakannya data laporan laba perusahaan AS yang menurun juga ikut mengecewakan pasar. Tapi dengan membaiknya perekonomian di Indonesia dibarengi dengan puasnya para pelaku pasar terhadap hasil pilpres kemarin, tampaknya penguatan IHSG terus akan berlanjut untuk kedepannya.

Secara teknikal, hingga 8 Juli kemarin IHSG memasuki kondisi flat. Pergerakan IHSG terus bergerak di kisaran harga 5000 – 5165. Tapi hari ini dalam jangka waktu hourly, M15 dan M30, terlihat adanya hammer  yang terbentuk. Sempat ada pelemahan sekitar 0,6% tapi secara cepat dalam waktu satu jam IHSG kembali menguat mendekati 0% sehingga terbentuk pola hammer. Untuk hari ini IHSG kemungkinan akan menguat terbatas hingga 5130.

IHSG

Rekomendasi Saham

Sekarang sektor pertambangan sedang membaik di tengah – tengah penurunan bursa global. Berikut ini merupakan rekomendasi dari sektor pertambangan :

ITMG | Buy 26500 – 26600 | Target 1 : 27600 & Target 2 : 30700| Cut Loss 24900

Dari segi teknikal saham ini telah menembus level resistancenya di level 25800. Momentum yang kuat juga ikut mendorong saham ini untuk naik lebih tinggi. Jika level target satu ditembus maka penguatan akan berlanjut menuju kisaran target 2. Dari jangka waktu mingguan terlihat saham ini telah menyentuh level support mingguan yang berada di level 24800. Dengan adanya tanda – tanda peningkatan momentum diiringi dengan breakup dan tersentuhnya level support mingguan ada kemungkinan penguatan ITMG akan terus berlanjut.

ITMG

ANTM | Buy 1240 – 1250 | Target 1 : 1290 & target 2 : 1400 | Cut Loss 1100

ANTM terlihat adanya sentimen beli yang sangat tinggi. ANTM telah break dari level resistance di level 1180. Yang perlu diperhatikan adalah level resistance yang cukup kuat menghalangi pergerakan ANTM di kisaran level 1290. Tapi jika dilihat dari jangka waktu mingguan, terlihat adanya full candle yang ditutup menguat cukup tinggi minggu lalu memberikan sinyal penguatan masih akan terus berlanjut. Jika Target 1 tertembus maka Ada kemungkinan harga akan mencapai kisaran target 2 di level 1400.

ANTM