PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 25/11/2016 – TOKYO. Pasar saham Asia dibuka di zona positif pada transaksi perdagangan pagi ini (25/11). Indeks ASX 200 Australia, misalnya, naik 0,09%. Sektor energi mencatatkan kenaikan terbesar yakni 0,32%. Sedangkan sektor bahan baku berhasil naik 0,2%.

Adapun salah satu saham yang menyokong pergerakan indeks ASX 200 adalah Top End Minerals yang harganya meroket hingga 64,29% menjadi US$ 0,046 per saham. Lompatan saham ini terjadi setelah perusahaan mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi 60% saham dari Cornerstone Resources asal Myanmar.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 Stock Average dibuka naik 0,39%. Pada hari ini, data yang dirilis pemerintah menunjukkan bahwa indeks harga konsumen inti turun 0,4% pada Oktober berdasarkan perhitungan tahunan. Hal ini sesuai dengan ekspektasi para ekonom yang disurvei Reuters.

Penurunan inflasi ini terjadi selama delapan bulan berturut-turut. Hal ini diyakini akan mendorong pemerintah Jepang untuk merilis kembali lebih banyak stimulus.

Di sisi lain, posisi yen tampak stabil di hadapan dollar AS. Pada pukul 08.08 waktu Singapura, nilai tukar yen berada di level 113,34. Posisi ini mendekati level tertingginya dalam delapan bulan terakhir.

Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,29% pada awal transaksi pagi.

Pasar saham Asia tetap melaju kendati minim sentimen seiring ditutupnya pasar saham AS pada Kamis (24/11) kemarin untuk perayaan Thanksgiving.

“Pertanyaan bagi para trader hari ini adalah apakah para buyer sudah menyiapkan diri untuk melakukan aksi secara independen karena market AS tak beroperasi,” jelas Ric Spooner, chief market analyst CMC Markets.