KPF BALI 20/10/14 –

Pada perdagangan hari ini nilai tukar aussie tampak mengalami pergerakan menguat yang cukup baik terhadap dollar AS (20/10). Mata uang Australia tersebut memperoleh dukungan untuk menguat setelah pemerintah Tiongkok menyatakan bahwa bank sentral berencana untuk menginjeksi dana ke beberapa bank di negara tersebut. Hal ini merupakan sinyal bahwa negara tersebut mempertimbangkan program stimulus.

Bank sentral Tiongkok dikabarkan berencana untuk menyuntikkan dana sebesar 200 miliar yuan atau setara dengan 32.7 miliar dollar ke beberapa bank nasional dan daerah untuk membantu mereka dalam memperkuat likuiditas jelang akhir tahun. Suntikan dana tersebut menyusul upaya bank sentral Tiongkok menyediakan likuiditas sebesar 500 miliar yuan ke lima bank terbesar Tiongkok bulan lalu.

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang telah menahan diri untuk memberikan stimulus besar-besaran dan telah menyatakan lebih menyukai usaha reformasi ekonomi menyeluruh guna menggenjot ekonomi di negara yang sedang dibebani oleh anjloknya sektor property tersebut. Di kuartal ketiga lalu diperkirakan ekonomi Tiongkok mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 7.2  persen, paling lambat dalam lima tahun belakangan. Data pertumbuhan ekonomi tersebut akan dirilis besok.

Aussie terpantau mengalami pergerakan menguat pagi ini. Mata uang Australia tersebut berada di level 0.8769 dollar AS. Aussie mengalami kenaikan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan akhir minggu lalu yang ada di level 0.8744 dollar. Kenaikan aussie pagi ini belum terlampau besar, tetapi merupakan sebuah awal yang cukup baik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar aussie terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini masih berpotensi untuk bergerak sideways dan melanjutkan fase konsolidasinya. Secara teknikal juga belum ada sinyal ke arah mana pergerakan aussie akan menuju. Meskipun saat ini sedang menguat, aussie tampaknya akan bergerak terbatas. Mata uang Australia tersebut berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 0.8730 – 0.8810 dollar.