PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 23/09/16 – Dunia trading dan investasi memang bisa menarik siapapun untuk ikut terjun dan mencoba bergelut di dalamnya, tak terkecuali para artis papan atas Hollywood. Meski disibukkan oleh profesi utama sebagai bintang film atau penyanyi, beberapa diantara mereka ternyata berhasil menjadi trader dan investor sukses. Siapa sajakah selebritis itu? Ini dia 7 artis Hollywood yang telah mencatatkan keberhasilan sebagai trader dan investor.

1. Michelle Williams

Michelle Williams pertama kali dikenal kala membintangi serial TV populer Dawson’s Creek. Ia kemudian konsisten berkarir di dunia perfilman, dan berpartisipasi dalam film-film terkenal seperti Brokeback Mountain, Shutter Island, dan Oz The Great and Powerful. Michelle Williams juga pernah 2 kali dinominasikan Oscar lewat film Brokeback Mountain dan My Week With Marilyn.

Namun fakta paling mengejutkan bukannya datang dari prestasinya sebagai artis, melainkan asal usul keluarganya. Ya, Michelle Williams merupakan putri Larry Williams, trader sukses pencipta indikator William%R yang ada dalam daftar indikator bawaan MetaTrader4.

michelle williams
Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, mungkin adalah pepatah yang tepat menggambarkan situasi Michelle Williams. Meski pada akhirnya tak menempuh karir sebagai trader, Michelle pernah memenangkan kejuaraan trading Futures tingkat dunia di tahun 1997. Tak main-main, ia berhasil membukukan persentase return hingga 900 persen, yang menjadi angka tertinggi ketiga dalam sejarah kontes trading tersebut. Kala itu Michelle masih berusia 16 tahun dan baru duduk di bangku SMA. Dengan keberhasilan tersebut, Michelle Williams juga menjadi pemenang wanita pertama di acara kontes yang digelar oleh Robbins Trading Company itu.

Uniknya, Ayah Michelle sendiri, Larry Williams juga memenangkan kejuaraan yang sama sepuluh tahun sebelumnya. Ia menjadi fenomena setelah berhasil mencatatkan persentase profit tertinggi yaitu sebesar 10,900% dalam waktu 12 bulan.

2. Ashton Kutcher

Berinvestasi rupanya telah menjadi hobi sampingan Ashton Kutcher yang sudah lama terungkap. Namun istimewanya, aktor langganan film-film komedi ini menekuni pekerjaan sampingannya sebagai investor dengan sangat serius. Dilansir dari ZDNet, portofolio Ashton Kutcher terdiri dari puluhan bisnis startup, termasuk diantaranya adalah AirBnb, Spotify, dan Uber, yang langkah IPO-nya paling dinanti-nantikan saat ini.

ashton kutcher
Ashton Kutcher pernah membuat kesalahan dengan berinvestasi di Skype. Ia terjungkal ketika Skype dibeli Microsoft tahun 2011 silam. Namun hal itu tak lantas membuatnya patah arang. Dengan pengetahuan dan skill baru yang diperolehnya dari pengalaman merugi, Ashton Kutcher terus berusaha bangkit, hingga kini ia dikenal sebagai insider-nya Silicon Valley.

Lebih dari menjadi investor perusahaan-perusahaan teknologi, Ashton juga mendirikan sebuah bisnis venture capital fund bernama A-Grade Investements, LLC. Ia membangun bisnis tersebut bersama Guy Oseary, seorang manajer artis dan investor Ron Burkle di tahun 2010. Kesuksesasan A-Grade Investments pernah diulas dalam majalah Forbes, dimana tercantum keterangan bahwa perusahaan Ashton Kutcher tersebut berhasil mengembangkan dana investasi sebesar 8.5 kali lipat lebih besar dari modal awalnya. Lebih lanjut lagi, artikel yang memasang wajah Ashton Kutcher di halaman pertama tersebut tercatat sebagai bacaan paling laris sepanjang sejarah penerbitan Forbes.

3. Bono U2

Vokalis band legendaris U2, Bono, juga memiliki ketertarikan tak biasa pada dunia investasi. Keseriusan Bono U2 terbukti manakala ia mendirikan firma saham Elevation Partners, yang asetnya kini telah mencapai hampir 2 milyar USD. Bisnis bentukan Bono U2 bersama sekumpulan investor profesional lainnya itu diketahui berinvestasi pada saham Facebook, Yelp, Forbes, dan perusahaan analisis MarketShare.

bono u2
Sebelum diakui sebagai investor sukses, Bono U2 kerap diolok-olok sebagai investor terburuk dunia oleh beberapa media finansial. Hal itu tak lain adalah karena kegagalan demi kegagalan investasi yang dilakukan Elevation Partners sejak tahun 2006, tepatnya pada perusahaan Forbes Media dan produsen smartphone Palm yang kalah bersaing dengan produk Apple. Baru ketika Facebook melakukan IPO, Bono U2 membukukan keuntungan besar hingga 1.4 milyar USD dan berhasil membungkam media-media yang pernah mencelanya. Sebagai catatan, per September 2014 Elevation Partners telah menghasilkan profit 11.4 persen per tahun.

4. Jared Leto

Berkarir sebagai vokalis band 30 Seconds to Mars dan aktor film saja rupanya tak cukup bagi Jared Leto. Bintang pemenang Oscar lewat film Dallas Buyers Club ini juga melebarkan sayap ke ranah investasi. Jared Leto diketahui sudah berinvestasi di lebih dari 50 perusahaan termasuk Zenefits, Robinhood, reddit, dan Meerkat. Kesuksesan sang aktor yang telah mengoleksi puluhan penghargaan di bidang musik ini datang dari investasinya untuk Nest, perusahaan kecil yang kemudian dibeli Google seharga 3.2 milyar USD.

jared leto
Investorplace.com juga mencermati Jared Leto sebagai investor selebritis yang tidak pasif. Pemeran Joker di film Suicide Squad itu terlibat langsung dalam strategi bisnis Zenefits, yang asetnya kini sudah mencapai 4.5 milyar USD. Banyak media terkagum-kagum akan totalitas Jared Leto di setiap bisang usaha yang dijajalnya, termasuk di bisnis investasi ini. CNBC, CBSPulse, TechCrunch, FastCompany, dan The FiscalTimes pernah mengulas keberhasilan sang artis sebagai investor. “Kunci sukses ber-multitasking? Pandai-pandai saja mengatakan ‘tidak’. Anda harus terampil mengatur waktu dan prioritas. Saya akui, saya sangat proaktif dan agresif dalam berinvestasi,” demikian ungkap Leto dalam wawancaranya bersama CNBC.

5. Nasir Jones

Artis hip-hop yang akrab disapa Nas ini tak hanya menorehkan prestasi sebagai musisi, tapi juga sebagai investor. Lewat perusahaan venture yang didirikannya bersama Ben Horowitz, QueensBridge Venture Partners, Nas telah berinvestasi pada lebih dari 40 perusahaan, yang lebih dari setengahnya merupakan bisnis start-up ternama.

nasir jones
Media NBCNews pernah menguak cerita lengkap tentang bisnis Nas di QueensBridge Venture, yang bekerja dengan prinsip “investasi start-up tak hanya mengutamakan keuntungan finansial saja”. Ditanya tentang opininya terkait investasi dan cara seperti apa yang ia lakukan, Nas menjawab dengan penyataan ini: “Saya rasa siapapun bisa terlibat dalam dunia investasi jika mereka serius, tapi saya sarankan siapapun yang berminat untuk selalu berhati-hati. Anda harus mempelajarinya, menginvestasikan waktu dan usaha, bukan hanya uang Anda, untuk bisa mengenali peluang investasi yang menjanjikan,” begitulah ungkapnya.

6. Leonardo DiCaprio

Selain Jared Leto, satu lagi pemenang Piala Oscar yang berpetualang ke dunia investasi adalah Leonardo DiCaprio. Kredibilitasnya sebagai aktor papan atas tak diragukan lagi, terlebih setelah popularitasnya meledak bersama kesuksesan Titanic di tahun 1997. Namun bagaimana dengan karirnya sebagai investor?

leonardo dicaprio
Usut punya usut, aktor yang rajin berkampanye soal konservasi lingkungan ini pernah menginspirasi rekan sesama artis (termasuk Tobey Maguire dan Serena Williams) setelah berinvestasi sebesar 4 juta USD di Mobli, bisnis start-up yang menjadi saingan Vine dan Instagram. DiCaprio juga menjadi brand ambassador dan penasihat marketing aplikasi tersebut, yang kini telah mengumpulkan puluhan juta user aktif dan bernilai sekitar 89 juta USD.

7. Robert Downey Jr.

Di urutan terakhir, ada nama Robert Downey Jr. yang mendirikan bisnis Downey Ventures LLC. Melalui usahanya tersebut, aktor pemeran Iron Man ini berinvestasi tak hanya pada perusahaan teknologi, tapi juga bisnis-bisnis di bidang yang digelutinya selama ini, yaitu entertainment.

robert downey jr.
Bersama istrinya Susan Downey dan sekumpulan ahli yang tergabung dalam Team Downey, bintang yang mencuri perhatian lewat kharismanya sebagai Tony Stark di film-film superhero Marvel ini sejak awal telah membidik Maker Studios, perusahaan yang berkontribusi pada konten YouTube dan video-video Disney. Di tahun 2014, Maker Studios diakuisisi Disney seharga 500 juta USD. Meski belum banyak menelurkan kisah kesuksesan yang mencengangkan, keseriusan Robert Downey Jr. di jalur investasi tetap diakui oleh beragam media.

Inspirasi Trading Dan Investasi Para Artis Hollywood

Kiprah 7 selebritis di atas pada dunia perfilman atau tarik suara memang sudah tak diragukan lagi kerberhasilannya. Namun demikian, mereka masih tertarik pada dunia investasi yang menjanjikan banyak peluang, dimana bisnis start-up di sektor teknologi tampak menjadi daya tarik utama bagi mereka.

Dengan kesuksesan para selebritis Hollywood, hal ini tentu memberi inspirasi bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia trading dan investasi. Jika para selebritis yang sangat sibuk saja bisa menyisihkan waktu untuk berusaha mendapat hasil terbaik dalam berinvestasi, kenapa kita tidak? Apabila masalahnya ada di keterbatasan modal, maka sebelum serius menjadi investor, kita bisa belajar bagaimana menjadi trader atau investor retail dulu, dimana trading forex adalah salah satu pasar yang sangat terbuka bagi pemula bermodal cekak.

PT KONTAKPERKASA FUTURES BALI