KPFBALI -Jum’at, 13 Juni 2014 :
Jam 16:00 WIB
: data neraca perdagangan kawasan Euro bulan April 2014 (Berdampak medium pada EUR)
Indikator ini mengukur perbedaan volume ekspor dan volume impor di negara-negara yang menggunakan mata uang Euro. Biasanya data ini kurang berdampak karena neraca perdagangan Jerman dan Perancis, 2 negara penyumbang terbesar volume perdagangan di kawasan Euro telah dirilis sebelumnya, kecuali jika terjadi perubahan data yang signifikan.

Sejak kwartal terakhir tahun lalu perdagangan kawasan Euro selalu surplus. Bulan Maret lalu surplus 15.2 milyard Euro, lebih rendah dari perkiraan yang surplus 17.3 milyard Euro tetapi lebih besar dari surplus 15.0 milyard pada bulan Pebruari. Untuk bulan April 2014 diperkirakan perdagangan kawasan Euro akan kembali surplus 15.9 milyard Euro. Hasil rilis yang lebih besar dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 19:30 WIB: data Producer Price Index (PPI) AS bulan Mei 2014 (Berdampak tinggi pada USD)
Indikator yang juga disebut Finished Goods PPI  atau Wholesale Prices ini mengukur persentasi perubahan harga barang dan jasa di tingkat produsen yang akan mempengaruhi inflasi ditingkat konsumen, karena kenaikan atau penurunan harga dari produsen akan dibebankan ke konsumen.

Kriteria PPI telah direvisi dan sekarang mencakup juga jasa konstruksi, belanja pemerintah dan ekspor. Ada 2 data yang dirilis, yaitu PPI inti (Core PPI) dan PPI total, masing-masing untuk m/m (month over month) yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan y/y (year over year) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. PPI inti tidak termasuk harga makanan dan energi. Di AS yang lebih berdampak adalah PPI total m/m.

PPI total AS bulan April 2014 (m/m) naik 0.6% dibandingkan Pebruari, lebih tinggi dari perkiraan 0.2% dan adalah kenaikan tertinggi selama 6 bulan terakhir, sedang untuk y/y naik 2.1%. PPI inti m/m bulan April juga naik 0.5% dan y/y naik 1.9%. Kenaikan harga ditingkat produsen ini mengisyaratkan trend meningkatnya inflasi. Untuk bulan Mei 2014 diperkirakan PPI total m/m akan kembali naik 0.1% sedang PPI inti akan naik 0.2%. Hasil rilis yang lebih besar dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: data Manufacturing Sales Canada bulan Mei 2014 (Berdampak tinggi pada CAD)
Data ini mengukur persentasi perubahan total penjualan sektor manufaktur di Canada dibandingkan bulan sebelumnya. Disebut juga dengan Factory Sales. Jumlah penjualan sektor manufaktur adalah indikator awal pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi. Selain energi, Canada juga mengekspor produk-produk part otomotif dan pesawat terbang, telekomunikasi dan elektronika.

Bulan April 2014 total penjualan sektor manufaktur di Canada naik 0.4% dibandingkan Maret, lebih tinggi dari perkiraan 0.2% tetapi lebih rendah dari bulan sebelumnya yang naik 1.5%. Untuk bulan Mei 2014 diperkirakan total penjualan sektor manufaktur Canada akan kembali naik 0.9%. Hasil rilis yang lebih besar dari perkiraan akan cenderung memperkuat CAD.

Jam 20:55 WIB: indeks Preliminary University of Michigan (UoM) Consumer Sentiment AS bulan Juni 2014 (Berdampak tinggi pada USD)
Data yang dirilis oleh University of Michigan (UoM) 2 kali setiap bulan ini mengukur kepercayaan konsumen terhadap kondisi bisnis dan keuangan  di AS. Indeks kepercayaan konsumen UoM adalah salah satu yang selalu diperhatikan investor disamping indeks Conference Board (CB) Consumer Confidence. Data ini dibuat berdasarkan survey dan dirilis dalam 2 versi dengan selang waktu 2 minggu, yaitu Preliminary atau data awal dan Revised atau data final. Indeks Preliminary dirilis lebih awal sehingga cenderung lebih berdampak.

Indeks UoM AS (Revised) bulan Mei yang dirilis pada 30 Mei lalu berada pada angka 81.9, lebih rendah dari bulan April yang 84.1, sementara perkiraan pada angka 82.9. Untuk data Preliminary bulan Juni ini diperkirakan indeks akan kembali naik ke angka 83.2. Hasil rilis yang lebih besar dari perkiraan akan cenderung memperkuat USD.

Jam 20:55 WIB: Ekspektasi inflasi AS bulan Juni 2014 dari UoM (Berdampak medium pada USD)
Angka ekspektasi ini juga dirilis oleh UoM bersamaan dengan indeks kepercayaan konsumen. Ekspektasi dibuat berdasarkan survey terhadap 500 konsumen mengenai tingkat harga yang diharapkan untuk setahun yang akan datang. Dirilis 2 kali dalam sebulan, Preliminary dan Revised.

Ekspektasi inflasi bulan Mei 2014 yang dirilis pada 16 Mei lalu menunjukkan angka 3.3%. Untuk bulan Juni ini analis tidak memberikan perkiraan, namun jika hasil rilis lebih besar dari bulan sebelumnya (3.3%) maka  akan cenderung mendukung penguatan USD.